Tahapan mendapatkan citra rasa kopi.

Disarikan dari tulisan Sayful Huda. Oleh Pinondang Situmeang.

Kopi yang enak tidak hanya karena daerah asal kopi. Atau kepiawaian yang prima oleh Barista. Tetapi dapat melalui tahapan mendapatkan citra rasa kopi. Terutama adalah tahapan sangrai.

Budidaya untuk dapatkan citra rasa.

Kopi matang faktor utama citra rasa

Bibit kopi unggul adalah syarat untuk mendapatkan citra rasa kopi. Disamping itu wajib dengan cara perawatan yang benar. Pertama, pemupukan. Kedua, pemangkasan. Ketiga, perawatan bunga dan buah. Dan tanaman kopi dilarang menggunakan pestisida. Kenapa?. Karena sifat kopi itu sangat sensitif. Yaitu sensitif terhadap aroma disekitarnya. Sebaliknya tanaman kopi di hamparan akan buruk dampaknya terhadap kwalitas.

Selanjutnya, perlunya pohon perindang disekitarnya. Akan memperkaya rasa kopi. Sebaliknya, kopi dihamparan cita rasanya kurang. For your information, budidaya berkontribusi sangat besar. Yaitu sampai 30% terhadap kualitas kopi.

Panen & pasca panen.

Kopi setelah panen dan paska panen

Biji yang dipanen dengan memilih akan berdampak kepada kwalitas. Biji red dark dan red lebih bermutu dari pada warna yellow dan green.

Selanjutnya dilakukan 3 tahap proses. Pertama, biji disortir berdasarkan sizing. Yaitu ukuran dan kecacadan. Kedua, direndam atau tidak (full wash atau semi wash). Terakhir, pengupasan, pengeringan dan penyimpanan. Tahapan kedua ini berkontribusi 20% terhadap kualitas.

Sangrai menentukan citra rasa kopi.

Tahapan roating sangat penting dan fatal..Jika salah roasting mengakibatkan jauh dari citra rasa otentik. Yaitu diolah secara tradisional. Oleh sebab itu roater wajib memperhatikan hal hal tekhnis. Seperti jenis kopi, kadar air, lama simpan dan tekhnik roasting. Cara roasting yang benar berkontribusi sebesar 40% terhadap kwalitas kopi.

Barista kunci citra rasa kopi.

Setelah 3 tahapan diatas berkontribusi 90%, sisanya 10% adalah cara penyajian. Dan Barista yang terlatih tau cara penyajian yang unik. Misalnya cara pencampuran dengan bahan lain. Seperti gula, susu, coklat, cream dll. Bahkan faham suhu air yang pas serta cara menuangkannya.

Oleh karena itu syarat menjadi Barista minimal meminum 10 jenis kopi. Dan berasal dari berbagai daerah. Karena rasa berbeda setiap daerah di Tanah air.

Terakhir, kontribusi Barista menyumbang 7%. Sedang sisanya, 3% adalah Senyum yang menentukan loyalitas konsumen.

Baca juga TASTE SUMATERA COFFEE IN MAYOR CAFE.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of