Ekspansi bisnis digital printing.

Oleh Didi Darmadi. Editor Pinondang Situmeang.

Ekspansi bisnis sebaiknya ke bidang terkait. Atau yang dekat dengan usaha yang lama. Alasannya adalah karena saling mendukung. Serta konsumen yang sama. Dengan ekspansi bisnis terkait ATK, break even point cepat tercapai.

Ekspansi bisnis sendiri.

Produk ekspansi digital printing

Seorang costumer berkata agar saya membeli mesin digital printing. Dia yakin akan sukses karena beberapa kali menang tender ATK bersamanya. Lalu sayapun mengikuti sarannya. Mumpung musim Pilkada dan Pilpres.

Kemudian saya lakukan persiapan. Pertama, renovasi tempat. Kedua, cari karyawan. Ketiga memilih mesin digital. serta suppliernya. Sedang modal sudah ada. Walaupun mesin digital printing belum datang sudah banyak yang bertanya. Disitu mesin siap instalasi, order langsung masuk.Akibatnya, sempat kewalahan juga. Sebabnya karena orderan adalah costumer ATK. Dan lagi mereka rata rata adalah Caleg.

Kendala utama adakah sulitnya mencari pegawai yang handal. Tetapi beruntung ada seorang anak muda. Lalu diadakan pembagian kerja. Saya design dan cetak. Sedang dia oprator dan finishing. Misalnya, menggunting, melipat dan lobang ayam. Pagi saya mencetak, lalu malamdesign, yaitu setelah bermain dengan anak. Dan begitu seterusnya hingga kini. Bahkan sampai sakit. Kemudian sembuhdan sakit lagi. Kami kerjakan secara otodidak. Artinya belajar sambil kerja. Dan ternyata bisa. Beruntung saya lulusan interior design. Termasuk ahli photoshop/illustrator.

Karena kesibukan, sampai tdk sempat berbenah diri. Tidak sempat mencari designer dan mengurus toko ATK. Pada hal toko membludak karena persis keluarnya dana Desa dan dana Kantor. Tetapi sebagai pengusaha, setiap cobaan adalah kesempatan. Akibatnya kecapaian sampai sakit. Kemudian sakit dan sembuh lagi. Oleh karena itu, saya membuat system kompiter untuk toko ATK. Lalu mulai sibuk input data, layani toko ATK dan melayani orderan digital printing. Tetapi semua saya lalui saja.

Ekspansi digital printing dengan teman.

Ekspansi bisnis toko ATk Di Stabat, Sumut

Mengingat membludaknya order digital printing, maka saya “Call a friend”. Seorang pengusaha percetakan Offset besar. Dulu house mate dan class mate di kampus. Lalu dia mau beli digital printing juga. Yaitu setelah saya racuni habis habisan.

Lalu kami jalin kerjasama. Pertama dia yang mempekerjakan designer. Dan saya boleh pakai design gratis. Kedua, saya berikan order offset besar yang datang ke toko saya. Hasilnya, saya tidak terlalu repot. Dan penghasilan dia meningkat.

Dari kerjasama tsb muncul ide saya. Yaitu membuat produk sendiri. Lalu kami bagi tugas lagi. Dia bagian produksi. Dan saya bagian marketing dan design. Kemudian kami akan memproduksi dengan merek sendiri. Misalnya blanko undanga, amplop lebaran, kertas kado, bon kontan dll.

Akhirnya menyusun bisnis plan baru. Yaitu produk jadi (paper product) dan yakin akan berhasil.

Baca juga : 5 KUNCI SUKSESNYA USAHA.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of