JUALAN DI MARKET PLACE KENDARI.

Penulis Ratna Sari. Editor Pinondang Situmeang

Jualan zaman IT bisa dari mana saja. Dan pembelinya dari mana saja. Manfaatkan berbagai jenis media. Misalnya media sosial seperti Instagram, You tube, web dll. Seperti jualan di market place Kendari, Sulawesi Tenggara ini.

Kumpulkan outlet di market place.

Toko jualan di market place

Aku mulai usaha dengan Brand sendiri. Dan bergerak dibidang penjualan, pemasaran barang dan jasa. Seperti sembako, kue, roti, pizza, kosmetik, herbal, ayam potong, oleh oleh khas Kendari dll. Tidak hanya jualan di toko Swalayan di Jl. AH Nasution, Kendari. Tetapi juga melalui market place, applikasi sendiri. Namanya KENDARI BLANJA. Applikai ini bisa di down load di Play store.

Walaupun saya masih bekerja di perusahaan swasta nasional. Tetapi bisnis di era digital ini mau dijalankan secara professional. Dan ternyata entrepeneur itu penuh tantangan. Seperti jalan naik turun dan berkelok kelok.

Awalnya cukup sulit mengajak teman teman memasarkan produknya di applikasi ini. Sebabnya karena Nu b, belum dikenal blass. Market place lokal nih ceritanya.. Tapi kemudian bergabung beberapa toko dan outlet di Kendari. Alhamdulillah, makin lama banyak yang mau kerja sama.

Kerjasama market place dengan applikasi lain

Kerja sama dengan applikasi lain.

Hidup itni mesti simple dan efisien. Oleh karena itu saya bekerja sama dengan applikasi ekspedisi dan pembayaran. Yaitu JNE, Go pay dan Ovo. Kemudian mengumpulkan outlet dengan biaya antar yang murah. Misalnya jauh dekat di Kendari Rp 5.000.

Disamping itu belanja di aplikasi ini cukup mudah mencari barang. Dan dengan gampang mencari karena ada kategori. Sebab hampir semua produk tersedia. Sedang soal harga di applikasi sama dengan di toko. Bedanya hanya ongkos kirim Rp 5.000.

Hasil kerja berbuah manis. Thn 2019 mendapat Penghargaan Indonesia Marketeers Festival. Dan dengan prinsip Think global, act local. Hopefully Go international. Amiin.

Semoga tulisan singkat ini bermanfaat buat masyarakat Sulawesi Tenggara khususnya. Dan Tanah air tentunya. Termasuk anggota grup ini.

Baca juga: FOKUSS ADALAH KUNCI SUKSES USAHA.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of