MENAGIH HUTANG SUSAH.

Disarikan dari tulisan: Adi Ambar Wulan. Editor : Pinondang Situmeanh

Hutang hukumnya wajib dibayar. Tetapi sudah diberi, menagih hutang susah. Sebaliknya yang berhutang malah lebih galak. Atau bahkan pindah belanja ketempat lain. Oleh sebab itu sebaiknya penjualan tunai saja.

Usaha sembako dengan hutang.

Toko sembako system hutang

Tahun 2012 kami buka warung sembako. Dan omzetnya lumayan untuk ukuran kota Muara Bungo, Jambi. Yaitu rata rata Rp 3 juta sehari. Pada awalnya berjalan lancar lancar saja. Tapi ada pelanggan yang bon dulu. Untuk sementara kami merasa aman aman saja. Karena sebagian bayar tunai. Tetapi lama kelamaan pada kabur. Lalu belanja ke tempat lain. Kalau menagih hutang susahnya bukan main. Malah pasang wajah iba. Jadinya tidak tega juga.

Akhirnya 5 tahun kemudian kami menjual sisa stock yang ada. Nilainya lumayan sebesar Rp 23 juta. Akibatnya usaha kami bangkrut. Sebaliknya kami tidak punya kebun. Dan tidak punya penghasilan. Pada hal waktu itu masih punya bayi. Belum lagi orang tua mengomel. Pokoknya lengkap pusingnya.

Usaha bengkel tanpa hutang.

Motor ditahan sebelum hutang dibayar

Sebelumnya kami sudah punya pandangan. Yaitu membuka usaha bengkel sepeda motor. Uang Rp 23 juta dibelikan olie, ban dan spare part. Sedang disebelah bengkel saya buka warung kopi dengan Wifi kekinian.

Selanjutnya cara pembayaran kami rubah. Tidak ada bon lagi, karena menagih hutang susah. Lalu jika misalnya ada service sepeda motor dengan perkiraan biaya besar, maka kami minta Down Payment dulu. Dan apabila biaya perbaikan belum dilunasi, maka sepeda motor tidak boleh dibawa pulang. Akan tetapi jika mendesak bisa tinggalkan jaminan. Misalnya Hand phone.

Mungkin ada beberapa orang yang tersinggung. Tetapi tidak apa apa sebab menagih hutang susah. Sebaliknya kami mengutamakan service yang baik dan kecepatan pengerjaan. Disamping itu kami berikan garansi. Misalnya apabila sepeda motor mengalami gangguan dalam seminggu akan diberi service dengan gratis.

Pertanyaannya adalah kenapa sikap kami kejam?. Sebab waktu kami bangkrut tahun 2017 tidak ada yang menolong. Jadi kejam tidak apa kan.

BACA JUGA : JANGAN BEKEREKERJASAMA TANPA SURAT PERJANJIAN.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of