NASEHAT MAU EKSPANSI USAHA

Oleh : Indi Melia, Jepara. Editor : Pinondang Situmeang

Ketika usaha mulai maju godaan pertama adalah hutang. Tetapi tidak masalah jika hutang digunakan secara produktif . Atau investasi menambah asset. Berdasarkan pengalaman usaha selama 11 thn, saya akan memberi nasehat bagi yang mau berencana ekspansi usaha.

Faktor negatif ekspansi usaha.

Model pintu atas order dan nasehat pembeli

Ketika merintis usaha kita belum punya nama, koneksi dan jaminan. Namun begitu usaha maju banyak yang mau minjamin. Bahkan dengan syarat yang gampang. Dan pelayanan yang ramah.

Namun demikian meminjam mau ekspansi usaha perlu hati hati. Kita tergoda untuk merobah gaya hidup dari sederhana ke sosialita. Dan mulai berganti mobil bermerek. Juga menekuni hobi yang boros. Pada hal pengusaha rawan bangkrut. Oleh karena itu, jangan hutang untuk membeli kendaraan. Kecuali untuk tujuan produktif. Apalagi hutang untuk kawin lagi. Jangan. Bisa hancur minahh…..Pada awalnya hutang itu memang semanis madu. Tetapi pada masa bayar bisa pusing tujuh keliling. Makanya mesti pintar investasi supaya masa depan terjamin.

Oleh sebab itu tidak perlu bernafsu mau ekspansi usaha. Terutama jika otak, waktu dan modal belum mampu. Lebih baik rawat usaha hingga kokoh. Sesudah itu baru ekspansi. Perlu diingat bahwa ekspansi itu seperti merawat bayi. Menyita waktu dan biaya. Sedang hasilnya belum pasti.

Faktor positif ekspansi usaha.

Model non ukir

Pada prisipnya hutang itu tidak masalah. Apalagi untuk menambah asset. Menurut saya investasi yang paling bagus adalah tanah dan property. Sebab nilainya naik setiap tahun. Jadi tidak rugi membayar bunga pinjaman. Sepanjang angsuran hutang dan gaji karyawan mampu dibayar. Demikian juga dijaga cash flow lancar. Dan dari keuntungan disisakan 30% untuk tabungan.

Sebagai informasi usaha furnitur kami adalah meuble ukir sudah berjalan 11 thn. Berbagai type furniture baik lemari, meja, pajangan dan masih banyak lagi. Cara pembayaran dengan DP. Karena banyak order yang antri. Kami masih terus mau ekspansi usaha untuk bisa kaya.

Pinjam untuk usaha mebel

Baca juga : http://puanexpo.com/2019/07/25/5-kunci-suksesnya-usaha/

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of