5 KUNCI SUKSESNYA USAHA.

Oleh : Didi Darmadi. Edit : Pinondang Situmeang.

Serius pada kemampuan utama perlu diperhatikan. Dan juga perlu mengetahui hal hal penting dalam menjalankan usaha. Sejalan dengan itu berdasar pengalaman, akan saya paparkan 5 kunci suksesnya usaha.

1. Sukses keluar dari masa sulit.

Berhasil melunasi ruko

Bagaimanapun bagusnya perencanaan, masalah bisnis bisa saja timbul. Oleh karena itu fokuslah. Selesaikan masalah tsb satu persatu. Dan jangan memandang terlalu jauh. Tetapi focuslah pada apa yang bisa dilakukan sekarang.

Ketika membeli ruko dengan KPR 10 thn saya merasa diatas angin. Darah muda usia 24 thn merasa sanggup mencicil Rp 13 juta per bulan. Pada saat itu usaha ISP dari warnet dan distributor voucher game mampu membayar angsuran. Tetapi tidak terlalu lama, usaha ISP saya bangkrut. Akibatnya tidak sanggup membayar angsuran.

Ayah saya menganjurkan untuk dijual. Atau biar disita oleh Bank. Tetapi saya merasa sayang, karena sudah berjalan 3 thn. Sementara itu saya perlu banyak biaya. Pertama, untuk wedding. Kedua, untuk renovasi rumah.

Dalam keadaan kalut begitu saya teringat kuliah Interior design. Yaitu focus di interior design ruangan. Dan juga setting jaringan serta mikrotik sampai setting warnet sampai desa, kampung dan sekolah. Akhirnya, tanpa disadari cicilan lancar. Bahkan bisa menabung. Dengan fokus menjadi kunci suksesnya usaha.

2. Berhasil dengan hukum Pareto 80 : 20

Kita mempunyai waktu yang sama yaitu 24 jam. Tetapi siapa yang mampu focus kepada 20% skills, akan lebih berguna bagi 80% kehidupan. Untuk kebanyakan situasi, sekitar 80% effeknya disebabkan oleh 20%. Oleh karena itu cari tahu skillmu. Untuk itu perlu berlatih untuk mencari hal yang sedikit yang mempunyai pengaruh yang besar. How to achieve more with less. Dan Pareto priciple ini juga berlaku dalam.bisnis. Misalnya, dari 20% customer akan menghasilkan 80% profit. Ini kunci suksesnya yang kedua.

3. Latih mindset untuk menang.

Sudah banyak buku yang membahas tentang mindset. Tetapi sangat sedikit orang yang mempraktekkannya. Pada hal cara membangun bisnis sangat erat dengan perilaku, kebiasaan dan personality. Dan personality itu datang dari mindset. Ambil sebagai contoh pertarungan antar 2 orang. Si A mempunyai mindset :”saya pasti kalah”. Berhadapan dengan si B dengan :”kamu pasti kalah”. Pasti yang menang adalah si B.

Sama dengan hal itu, cara berfikir kita berhubungan dengan cara kita berbicara. Atau cara kita membawa diri dan berjalan. Bahkan berpakaian semua berhubungan dengan cara kita berbicara.

Oleh sebab itu, latihlah mindset kearah yang produktif. Karena kebanyakan orang sulit berubah secara mendadak. Kalau mau berubah ada 3 caranya. Prrtama, dipaksa keadaan seperti meninggal, bangkrut dan sakit keras. Kedua, latihan setiap hari. Ketiga, berada dalam lingkungan yang positiip/ produktif. Oleh karena itu biasakanlah berkata :” Saya hari ini akan…….(yang positif) apapun yang terjadi”. Dengan latihan mental dan physik kita semakin kuat. Karena manusia punya akal dan fikiran. Bukan seperti hewan ataupun tumbuhan.

Sejalan dengan itu carilah lingkungan yang positif dan sukses. Maka kamu secara tidak sadar akan tertular. Bahkan kalau bisa cari partner, mentor atau tim yang bagus. Maka dari itu amatilah sekelilingmu Teman, saudara bakan orang tua. Jika ada yang tidak beres segera tinggalkan.

Sebagai contoh jika ke toilet di SPBU pasti jorok. Tapi jika terbiasa disitu maka tidak terasa bau. Sebaliknya jika lingkunganmu positif maka itu kunci suksesnya usaha.

4. Track record kunci sukses.

Terbiasa dengan deal deal kecil maka akan mendapatkan deal besar. Selesaikan setiap deal kecil. Dan lama lama akan mengumpulkan yang besar besar dengan sendirinya. Kemudian menjadi track record dalam usaha. Apalagi bagi pengusaha besar itu yang utama.

Sebagai contoh, pernah ketemu orang yang bermimpi dapat job besar. Atau anda sendiri yang begitu. Berubah dari 0 menjadi 100?. Job besar itu tidak datang tiba tiba. Tetapi melalui job job kecil yang selesai. Itu yang disebut track record atau jam terbang.

Sebagai contoh lagi. Jika anak sakit pasti dibawa ke dr yang berpengalaman. Bukan yang dokter yang baru tammat. Begitu juga dalam bisnis. Klien akan melihat track record sebagai referensi utama.

5. Berkomitmen serius adalah kunci.

Kommitmen kunci sukses kol.Sanders

Ketika berkomitmen tinggi maka keseriusan akan menghasilkan performa tinggi. Dan orang yang berkomitmen tinggi akan focus tinggi bekerja.Oleh sebab itu jangan memulai usaha pada Jumat Kliwon atau Minggu ceria. Tetapi mulai usaha jika siap berkomitmen. Berkomitmen untuk mencapai tujuan. Dan berkomitmen untul tidak melakukan sesuatu.

Pernah ketemu dengan orang yang bersikap begini?. “Kalau naik gaji saya akan lebig giat bekerja”. Atau “:Kalau diberi kepercayaan maka pekerjaanku akan lebih bagus”. Tidak Bambang, jangan dibalik. Berkomitmen kerja bagus dulu, baru naik gaji. Begitulah cara dunia bekerja. Orang sukses tidak pernah bertanya kenapa. Tetapi apa yang saya lakukan untuk mencapai tujuan saya.

Didalam bisnis kommitmen merupakan kunci suksesnya usaha. Tidak ada orabg hebat tanpa KOMITMEN. Pertama Steve Job dengan Iphonenya. Kedua, Kol Sanders dng KFCnya. Ketiga, Christian Ronaldo dengan sepakbolanya.

Sebaga contoh teman saya, wanita muda hebat lulusan Singapura. Kemudian ibunya membeli hotel di Berastagi, Sumut untuk dia kelola. Lalu saya bertanya apa wanita muda tanpa ilmu managemen hotel mampu?. Ternyata berkat komitmen hotelnya maju hingga sekarang.

Baca juga : MANA LEBIH PENTING PASAR ATAU MODAL.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of