FOKUS ADALAH KUNCI SUKSES USAHA.

Oleh Andjar Ciptamitra. Edit :Pinondang Situmeang

Ada 3 pilar utama yang harus dikuasai dalam bisnis sebagai usaha adalah 1. Supply chain, 2. Produksi dan 3. Pemasaran. Salah satu dari 3 pilar itu goyah, bangunan bisa runtuh. Hal ini berlaku untuk usaha produksi. Sedang usaha dagang tanpa point 2. Oleh sebab itu harus fokus adalah kunci sukses usaha.

Fokus kunci sukses usaha

Pemasaran kunci sukses usaha.

Dalam hal pemasaran harus fokus pada target market atau positioning. Disamping itu membangun branding yang berbeda dengan produk lain. Hasilnya kita tahu siapa costumernya. Dan tidak menjual secara acak. Itu salah satu kunci sukses mendapatkan laba.

Untuk kelancaran pemasaran perlu dipastikan pengelolaan Supply chain. Dengan demikian terjaminnya pasokan produk bermutu dan harga murah. Akhirnya, berakibat dengan laba.

Faktor produksi.

Dibidang produksi perlu perbaikan terus menerus. Antara lain meningkatkan mutu, menaikkan nilai tambah dan menurunkan biaya. Dengan demikian selalu ada peluang melakukan kaizen.

Untuk mencapai hasil yang maximal, karyawan perlu pengawasan ketat. Apa yang dikerjakan mesti sesuai dengan instruksi. Jangan sekali kali menugaskan orang lain karena anda tidak tahu atau tidak mau. Itu adalah awal kkegagalan.

Fokus kunci sukses usaha.

Banyak orang yang berusaha seperti kutu loncat. Coba ini gagal, loncat sana gagal. Dan mengharapkan “kolam nikmat” lalu usahanya moncer. Tidak ada itu kolam nikmat. Karena semua usaha pasti ada risiko dan hambatan. Oleh karena itu udaha harus fokus adalah kunci sukses usaha.

Mencoba coba berbagai usaha dan belajar adalah dua hal yang berbeda. Mencoba 100 x merubuhkan tembok dengan tangan kosong adalah gila. Tetapi dengan kompeten menggunajan alat mudah dilakukan. Oleh sebab itu berusaha dengan focus adalah kunci sukses usaha.

Nasehat ini saya berikan kepada mereka yang ingin memulai usaha yang bingung menjalankan usaha. Berbagai macam usaha dicobanya tetapi selalu ada hambatannya. Saya memberi nasehat berdasarkan pengalaman 12 thn bekerja sama orang lain.

Oleh sebab itu perlu perencanaan yang baik dan kerja keras. Dengan belajar dan berfikir, dalam 4 – 5 thn akan membangun fondasi usaha yang kuat.

Baca juga BEKERJA DENGAN SYRATEGY

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of