BERKORBAN DEMI PENDIDIKAN ANAK.

Orang tua yang baik pasti berkorban demi pendidikan anak. Berkorban waktu, tenaga dan dana. Yaitu pendidikan setinggi tingginya. Sebaliknya, jangan sampai anak berhenti kuliah karena dana. Orang tua pasti kecewa.

Berkorban waktu dan tenaga.

Berkorban waktu demi pendidikan anak

Kita memiliki waktu yang sama. Dan juga kesempatan yang sama. Oleh sebab itu tergantung kita memanfaatkannya. Apakah cukup berkorban waktu 8 jam kerja sehari?. Tentu dana yang kita hasilkan senilai 8 jam. Atau mau berkorban waktu dan tenaga lebih?

Waktu yg saya sediakan untuk usaha, 24 jam. Artinya, termasuk berfikir. Mengapa 24 jam?. Karena usaha saya bekerja 3 shift. Yaitu bongkar muat Container di pelabuhan Tanjunpriok. Oleh karena itu ready dipanggil tengah malam jika alat rusak. Bahkan biasa begadang sampai pagi. Itulah semua berkorban demi pendidikan anak.

Disamping itu harus berkorban waktu menagih sewa. Dan tidak jarang harus datang berkali kali. Namanya “Buyer market”, supply lebih besar dari demand. Dimana persaingan sewa cukup ketat. Oleh karena itu perlu pengorbanan waktu untuk menagi agar cash flow lancar. Ini dilakukan .karena pemakai jasa banyak.

Pada hal sebelum buka usaha saya adalah executive Bank. Waktu kerja di Bank hanya jam 8 – 17 atau 19. Dapat gaji dan fasilitas beerlimpah. Itu semua saya tinggalkan, rela berkorban demi pendidikan anak. Berkorban meninggalkan Comfort zone.

Jadi teringat sebuah lagu Tapanuli tentang pengorbanan orang tua. Inti liriknya begini :Kukerja keras mencari duit siang dan malam. Untuk menyekolahkan anakku. Bahkan tidak bisa seperti teman teman lain pakai mas dan jam tangan. Kebiasaan pendidikan anak setinggi tingginya bukan hanya budaya Batak, tetapi universal.

Berkorban dana demi pendidikan anak.

Berkorban dana untuk pendidikan anak

Bekerja 24 jam memberikan penghasilan lumayan. Penghasilan tsb sudah ada pembagiannya.. Pertama, angsur kredit. Kedua, biaya operasional. Ketiga, biaya kuliah anak sekolah. Terakhir, untuk keperluan lainnya.

Berapa besar dana yang dikorbankan untuk pendidikan anak?. Cukup besar untuk 3 anak study di US. Untuk biaya hidup saja $ 2.000 per bulan. Belum beli 3 mobil baru @$ 10.000. Plus sewa apartmen 2 bed room. Untuk biaya hidup 6 thn, $ 144.000. Nilai saat ini Rp 2 milyard (kurs Rp 14.000).

Apakah anak anak perlu diberitahu pengorbanan itu. Bisa diberitahu atau tidak karena itu adalah kewajiban orang tua. Percayalah, anak tidak akan lupa pengorbanan orangtua.

Baca juga : BUTUH PENGORBANAN MENGGAPAI MIMPI.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of