BISNIS GEMSTONE MODAL DENGKUL YANG UTAMA.

by Dion Boestaman. Editor : Pino Situmeang.

Bisnis gemstone sebenarnya prospektif. Tetapi masalahnya adalah sumber batu dan modal. Dan orang salah persepsi bahwa modal yg paling utama. Pada hal bukan. Sebaliknya justru modal dengkullah yang utama. Kenapa begitu. Ikuti uraian berikut.

Sumber informasi bisnis gemstone.

Dari gemstone

Kalau ada yg bertanya : “Kamu usaha apa?”. Saat ini pasti saya jawab :” Gemstone! “.
Kawan saya membayangkan aneka batu cincin akik yg sempat booming beberapa tahun lalu. Sekarang sih sepi..

Persepsi orang umumnya ya begitu. Tapi dari obrolan cerita pun muncul. Orang yg sempat kena wabah demam batu akik.
Lantas apa benar wabah itu sudah punah? Ya enggaklah! Buktinya masih banyak kawan yg bergelut di perbatuan. Hanya memang tak seramai dulu. Dan yg jeli, bermetamorfosa ke olahan lain. Suiseki atau biseki.

Dunia batu memang nggak ada sepinya. Apalagi di negara tirai bambu. Di Nan Ning dan Shang Hai setiap bulan Oktober selalu ada pameran perbatuan. Di Amrik ada Tuxon. Dan di Hongkong awal Maret ini juga ada ajang laga aneka jewellery. Semuanya bertaraf international. Lha lantas apa hubungannya dengan pemain batu lokal?

Indonesia terkenal dengan sebutan zambrut khatulistiwa. Nah itulah! Aneka bebatuan terhampar hampir di setiap wilayah. Belum semua muncul, mengingatnya saja kadang sulit. Lantas kenapa semua potensi ini tak segera digali? Jawabannya adalah keterbatasan akses. Baik ke dunia luar atau di daerah batu itu sendiri.

Apa bentuk modal dengkul.

Kalung

Peluang seperti itu yg sering saya manfaatkan. Dari ngintip kiri-kanan, datang ke pameran. Lalu colek buyer. Gampang kan?
Persoalan waktu dan modal? Ngak penting banget sih. Ada waktu ya datang, ggak ya baca berita.

Modal? Nah yg ini ada yang salah persepsi dari kita sendiri. Modal tak selamanya mutlak berupa uang. Modal pengetahuan, kepercayaan dan koneksi lebih mutlak.
Tahu dimana sumber barang, siapa yg produksi, perkiraan harga, tahu buyer. Nego, selesai.

Semua itu saya kategorikan sebagai modal dengkul. Lalu dimana posisi uang?. Uang ya penting yaitu untuk survey, entertain dan eksekusi awal. Pointnya itu saja.

Jadi untuk usaha batu, modal dengkul lebih utama. Uang dibutuhkan saat masa darurat saja. Konon solusinya adalah kartu kredit! Atau cari shadow banker.
Apa benar?

Baca juga GEMSTONE IIN INDONESIA NEVER DIE.

Leave a Reply

avatar
  Subscribe  
Notify of